"Fasil: 21 Langkah Menjadi Guru Hebat"
21 langkah Fasilitator Program Guru Penggerak handal:
- Kenali potensi diri; Pahami kekuatan dan kelemahan pribadi.
- Pahami filosofi pendidikan; khususnya pemikiran Ki Hajar Dewantara
- Kuasai Kompetensi Dasar Guru Penggerak; mengembangkan diri dan orang lain, memimpin pembelajaran, meningkatkan kualitas pendidikan, berkolaborasi, dan inovasi untuk perubahan
- Ikuti Pelatihan Guru Penggerak; daftar dan ikuti Program Guru Penggerak (PGP)
- Membentuk Mindset Bertumbuh; terbuka untuk belajar dan bertumbuh, baik secara pribadi maupun profesional.
- Tingkatkan kemampuan kepemimpinan; pelajari dasar-dasar kepemimpinan dan mulai mempraktikkannya di lingkungan kerja.
- Pahami kurikulum yang berpihak pada murid; pelajari cara menerapkan kurikulum merdeka yang menekankan pembelajaran berbasis proyek, minat siswa, dan pengembangan karakter.
- Bangun Hubungan Positif; berinteraksi secara aktif dengan rekan sejawat, siswa, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif.
- Berinovasi dalam Pembelajaran; ciptakan metode pengajaran kreatif yang sesuai dengan kebutuhan siswa di abad 21.
- Tingkatkan literasi digital; gunakan teknologi dan platform digital untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.
- Berkolaborasi dengan Komunitas; gabung dalam komunitas Guru Penggerak atau komunitas pendidikan lain untuk berbagi pengalaman dan belajar bersama.
- Latih Kemampuan Reflektif; biasakan merefleksikan praktik pengajaran sehari-hari untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran.
- Memanfaatkan data pendidikan; pahami rapor pendidikan sekolah Anda,
- Melibatkan siswa dalam proses belajar; berikan ruang kepada siswa untuk menjadi subjek aktif dalam proses belajar mengajar.
- Kelola konflik secara positif; kuasai keterampilan mediasi dan komunikasi untuk mengatasi konflik di lingkungan sekolah.
- Ajak Orang Tua Berperan Aktif; bangun kemitraan dengan orang tua untuk mendukung proses pendidikan anak.
- Berani Mencoba Hal Baru; Tidak takut gagal dan selalu mencari cara baru untuk meningkatkan kualitas pengajaran.
- Kembangkan pendidikan karakter; fokus pada penguatan nilai-nilai seperti integritas, empati, kerja sama, toleransi dan kebhinekaan.
- Lakukan aksi nyata; terapkan perubahan nyata dalam lingkungan sekolah untuk memberi dampak positif pada siswa dan komunitas.
- Bangun jejak kepemimpinan; buktikan kualitas kepemimpinan melalui tindakan nyata yang menginspirasi orang lain.
- Terus Belajar; Jangan berhenti belajar. Ikuti pelatihan, seminar, dan baca literatur terbaru di bidang pendidikan.
Menjadi Fasilitator Guru Penggerak adalah perjalanan panjang yang membutuhkan dedikasi, kesabaran, dan semangat inovasi. Setiap langkah ini adalah bagian dari proses membentuk pemimpin pendidikan yang berdaya guna.
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
"Jejak KKN UINAM Angkatan 76: Langkah Kecil, Kolaborasi, Bersama Mencerdaskan Anak Bangsa!
Salenrang 9 Januari 2025, Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) yang sedang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan 76 Posko 8 De
BK: Profesi, bukan?
oleh: ABDUL MAJID Tulisan ini seakan “menggugat” kembali profesi konselor atau guru bimbingan dan konseling di sekolah sebagai wujud kecintaan saya sebagai guru BK selama 3
Tika: Profil Tokoh Minggu Ini
Firtriani Saltika, lahir di Maros, pada tanggal 01 Juli 2012. Tika panggilan akrabnya adalah anak ke-3 dari empat bersaudara dari pasangan ibunda Salmah dan ayahanda Muh. Rasyid.
PEMIMPIN PEMBELAJARAN DALAM PENGEMBANGAN SEKOLAH: REFLEKSI MODUL 3
Pada hari ke-11 Pembekalan Calon Fasilitator Pendidikan Guru Penggerak Kemdik Dasmen RI, Peserta diminta menyampaikan refleksi terhadap konsep pemimpin pembelajaran dalam pengemba
Kegiatan AAJS di SMPN 28 Satap Salenrang Resmi Dimulai
Salenrang, 9 Desember 2024 – SMPN 28 Satap Salenrang memulai pelaksanaan kegiatan Assesment Akhir Jenjang Sekolah (AAJS) pada tanggal 9 hingga 16 Desember 2024. Kegiatan ini diiku
Tergerak, Bergerak, dan Menggerakkan: Refleksi Kritis Nilai Guru Penggerak
Artikel ini ditulis sebagai tugas mandiri Pembekalan Calon Fasilitator Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 21 Kemristek Dikti. Semangat untuk mengapresiasi dan berpihak pada nilai-nilai
Refleksi Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
(Tugas Mandiri CF-21 PGP Kemdikbud Ristek) Tulisan ini merupakan tanggapan dan pemikiran refflektif tentang filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara (KHD). Setidaknya ada enam poin yang
Refleksi Peran Fasilitator dalam Pengembangan Kepemimpinan Pembelajaran
(H2 Pembekalan Cafasil PGP Angkatan 21 Kemdikbud Ristek) oleh: Abdul Majid Penulis adalah peserta Pembekalan Calon Fasilitator Pendidikan Guru Penggerak Direktur Kepala Sekolah, Penga
Meriah! OSIS SMPN 28 Satap Salenrang Gelar Peringatan Hari Guru Nasional dengan Penuh Kreativitas dan Apresiasi
Salenrang, 25 November 2024 OSIS SMPN 28 Satap Salenrang yang diketuai oleh Azizah Nur Fatihah telah sukses menyelenggarakan peringatan Hari Guru Nasional dengan penuh kreativitas dan
MENGENALI ANAK YANG AGRESIF DI SEKOLAH
Bagian Kesatu Tulisan ini lahir sebagai refleksi atas kegundahan saya sebagai Pendidik dalam mengamati mengapa anak sering mengganggu temannya? mengapa anak terkadang berteriak “